Permainan Sabung Ayam Yang Terdapat Di Tanah Air Indonesia

Sabung Ayam Tanah Air Indonesia, Sabung ayam merupakan salah satu permainan yang sangat melekat di kalangan masyarakat Indonesia. Permainan ini juga sudah dijadikan sebagai adat tradisi di beberapa tempat di Indonesia sebagai contoh Bali. Di Bali sabung ayam ini di sebut sabagai tajen oleh masyarakat nya dalam melakukan upacara adat di waktu tertentu.

Permainan ini sangat diminati oleh kaum lelaki. Namun kini permainan ini juga di jadikan sebuah ladang untuk mengadu ketangkasan oleh beberapa pihak yang menggemari adu ayam untuk mencari pundi-pundi kemengan. Dalam sebuah permainan adu ayam ini juga menjadikan untuk saling bercengkrama dengan para penghobi adu ayam lainnya untuk bertukar fikiran dalam menjaga pelestarian sabung ayam di Indonesia.

Nama-Nama Ayam di Bali

  1. Jambul, sebutan ini diberikan kepada ayam yang memiliki bulu ( jambul ) di kepala.
  2. Sangkur, sebutan ayam terdapat pada ayam yang tidak memiliki bulu pada ekornya.
  3. Godek, sebutan ini untuk ayam yang memiliki bulu pada kaki ayam.
  4. Sa, ini merupakan sebutan untuk ayam yang memiliki bulu putih pada semua tubuhnya.
  5. Ook, sebutan ini diperuntukkan kepada ayam yang memiliki bulu yang lebat pada lehernya.
  6. Wangkas, sebutan ini di peruntukkan pada ayam yang memiliki bulu dada putih dan berwarna merah pada kedua sayapnya.
  7. Brumbun, ini merupakan ayam adu yang memiliki kombinasi corak warna bulu merah, putih, dan hitam.
  8. Kelau atau kelawu, ayam yang memiliki bulu berwarna abu-abu.
  9. Bihing, ayam yang memiliki bulu berwarna merah.
  10. Buik, di peruntukkan pada ayam jago yang memiliki corak warna bulu warni-warni.

Permainan sabung ayam di Sulawesi dinamakan sebagai massaung manuk. Penamaan ini diberikan oleh para orang bugis yang merupakan keturunan asli daerah sana yang berarti dalam bahasa Indonesia ” sabung ayam “. Dulunya permainan ini dimainkan oleh para petinggi daerah sana dalam melakukan upacara adat seperti pesta perkawinan, pelantikan sang raja, dan panen raya.

Di daerah Kalimantan permainan sabung ayam ini tidak jauh beda dengan tradisi masyarakat lainnya, namun permainan ini dimainkan oleh para suku dayak mualang yang merupakan salah satu jenis suku dayak di kalimantan. Nama suku ini merupakan suatu pemberian nama dari seorang pahlawan yang memiliki julukan manok sabung atau sabung ayam.

Nama-Nama Ayam di Kalimantan

  1. Ayam Banda, ayam ini merupakan dari jenis ayam bandar pipit dan tusu.
  2. Ayam Tutung, ayam ini merupakan dari jenis ayam tutung kapitu, manday, kembuyan, dan gembura.
  3. Ayam Kelabu, ayam ini terdiri dari jenis ayam kelabu papan, jeruit, semah, gamang, empulut, sibuk, pali, empitu, ensulang, dan entabalang.
  4. Ayam Biring, ayam ini terdiri dari jenis ayam biring sempidan, sengayan, entrokop, sengkubang, tasan, ketopang, teras gemirang, semukan, tedung dan bengkarung.
  5. Ayam Jalak, ayam ini terdiri dari jenis ayam jalak lelayang, tengadak, seturit, bekuyat, keratau, belalat, tengkerasak, dan bedelak.
  6. Ayam Ijan, ayam ini terdiri dari jenis ayam ijan onsulai, entolak, engkarik, dan kapiat.

Dan masih banyak beragam lainnya sebutan nama ayam yang terdapat di daerah kalimantan. Dalam perjalan sejarah bangsa sangat banyak sekali dari kisah-kisah tentang ayam aduan. Budaya ini sudah ada sebelum dari kita dilahirkan maka tidak heran lagi permainan sabung ayam ini sangat populer di Indonesia.

Demikian yang dapat admin sampaikan kepada anda dalam beberapa perkembangan sajarah permainan sabung ayam di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat untuk anda dalam dunia laga ayam jago di Indonesia. Terimakasih dan sampai berjumpa kembali di pembahasan menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 2 =